Review Dorama: 11 Nin mo Iru

11_nin_mo_iru

Dorama ini menceritakan tentang kehidupan dari  keluarga Sanada. Sebuah keluarga yang beranggotakan sebelas orang. Mereka adalah Minoru dan Megumi sebagai orang tua yang mempunyai delapan orang anak yaitu Kazuo, Niko, Mitsuko, Shiro, Satsuki, si kembar Rokusuke dan Nanao serta yang terakhir Saigo. Mereka merupakan keluarga miskin yang tinggal di Tokyo. Minoru kepala keluarga Sanada adalah seorang pengangguran yang dulunya bekerja sebagai seorang fotografer. Sedangkan Megumi hanya mempunyai sebuah kafe dengan pengunjung yang relatif tidak begitu ramai. Keadaan menyulitkan ini seperti mengharuskan Kazuo untuk turut mencari penghasilan tambahan guna membantu keuangan keluarga mereka. Anak tertua dari keluarga Sanada ini bekerja paruh waktu di pom bensin dan mengantar koran.

Masalah sepertinya sudah menjadi teman akrab dari keluarga ini. Disaat Monoru masih kesulitan untuk menghidupi keluarganya, perusahaan adiknya mengalami kebangkrutan. Minoru pun mau tak mau harus menampung sang adik Hiroyuki didalam rumahnya. Keadaan dalam keluarga Sanada semakin dipersulit ketika Kazuo menghamili Saora, seorang perempuan yang merupakan rekan kerjanya di pom bensin. Jadilah keluarga Sanada bertambah satu orang lagi.

Saigo, anak bungsu dalam keluarga itu, ternyata bisa melihat sosok “ke-11″ dari keluarga itu yang tak lain adalah istri dari Minoru yang sudah meninggal karena tabrakan sembilan tahun lalu yaitu Megumi. Dia bermaksud mengawasi keluarganya yang telah ia tinggalkan, dengan cara menyampaikannya lewat Saigo. Setelah lama dipendam akhirnya Saigo menceritakan bahwa ia dapat melihat sosok Megumi yang selama ini memberikan saran untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi keluarga mereka melalui dirinya.

Orang tua dan kakak-kakaknya tidak percaya dengan hal mistis ini namun akhirnya mereka percaya dengan kemampuan lain dari Saigo dan meminta nasehat pada Megumi untuk memecahkan semua masalah yang mereka hadapi. Puncak masalah dari keluarga Sanada adalah ketika mereka pulang berlibur, rumah mereka mengalami kebakaran yang menyebabkan mereka harus hidup didalam sebuah mini bis. Mereka memutuskan berkeliling Jepang dengan mini bis ini dan mengadakan acara paduan suara mereka untuk mendapatkan uang.

Pada dorama ini terdapat bagian memasak dan musik. Bagian menarik ada pada konten memasaknya dengan cara membagikan resep pada masakan yang dibuat Megumi. Ini termasuk jarang dan bisa dibilang ganjil karena tidak tersambung pada cerita itu sendiri. Secara kesuluran, dorama yang ditayangkan oleh TV Asahi ditahun 2011 ini cocok ditonton untuk anda yang gemar menonton dorama dengan genre komedi.

Rating : 7/10

Foto: google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s